Senin, 09 Januari 2012

TIPS MENGATUR KEUANGAN DENGAN BAIK


TIPS MENGATUR KEUANGAN DENGAN BAIK

Mungkin bagi saya seorang mahasiswi belum terlalu penting mengatur keuangan, karena kita belum meraskan susahnya mencari uang. Orang tua kita khususnya ibu kita dia harus benar-benar merencanakan dengan tepat keuangan yang iya miliki, dengan uang segitu iya harus cukup membiayai anak sekolah, memberi uang saku serta untu kebutuhan belanja sehari-hari.

Anak tidak mau tahu bagaimana sulitnya mendapatkan uang, karena anak hanya bisa meminta dan mereka tidak tahu uang itu di dapat darimana. Tetapi kita sebagai seoraang anak tidak ada salahnya mengatur keuangan pribadi kita sendiri, hitung-hitung belajar jadi calon ibu rumah tangga.

Ada beberapa tips yang bisa dilirik untuk diikuti, salah satunya :

Ø      Catatlah Pengeluaran kita setiap harinya
Cobalah setiap pulang sekolah atau kuliah kita coba catat pengeluaran kita selama satu hari apa saja yang sudah kita beli dan untuk apa sajakah. Coba belajar jadi seorang akuntan, ga ada salahnya kan. Kalau kita catat pengeluaran kita setiap harinya pasti kita sadar banyak uang jajan kita yang kita gunakan untuk membeli barang-barang yang tidak berguna.

Ø      Simpanlah Uang Di Tempat yang Berbeda (Sesuai Pengelompokkan Kebutuhan)
Kalau bisa setiap pagi setelah ibu memberi kita uang jajan coba deh uang itu kita kelompokan, kita harus bisa menganggarkan untuk jajan kita hari ini sekian uang itu harus dipisahkan, dan uang untuk menabung sekian itu juga harus dipisahkan. Kalau bisa uang-uang tersebut di taro ditempat yang berbeda agar tidak tercampur.

Ø      Menuliskan sumber-sumber pendapatan.
Tidak ada salahnya kan kita mencatat pendapatan kita. Misalnya kita mendapatkan uang jajan dari ibu terus ayah memberi kita uang saku lebih dan kakak memberi kita uang karena kita telah membantunya. Coba deh dari pendapatan yang kita terima coba kita catat, jangan hanya pengeluarannya saja yang kita catat tap pendapatan yang kita dapat juga harus dicatat agar nantinya menjadi balanced. Syukur-syukur pendapatan kita lebih besar dari pengeluaran kita, kan lumayan.

Ø      Buat rencana
Lihat pengeluaran Anda dan coba untuk menentukan cara untuk menghemat uang. Jika Anda memiliki hutang, atur rencana untuk membayar hutang Anda. Buat rencana anggaran yang terperinci berapa banyak uang yang akan Anda habiskan setiap bulan. Jangan lupa untuk menyisihkan uang sebanyak mungkin untuk tabungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar