Minggu, 08 Januari 2012

BAHAYA DIET

BAHAYA DIET
(diet bukan merupakan cara yang tepat untuk menurunkan berat badan)

Diet merupakan salah satu cara untuk menurunkan berat badan kita, khususnya bagi kaum wanita. Semua Wanita menginkan tubuhnya langsing dan ideal, maka dari itu  banyak wanita yang ingin menurunkan berat badan dengan cepat dan pada umumnya program diet yang mereka ambil salah dan akhirnya menyiksa tubuh mereka sendiri. Tidak ada wanita di dunia ini yang sempurna, kesempurnaan hanya milik Allah.

Para ilmuwan telah menemukan bahwa orang yang diet terlalu ketat hingga membuat dirinya kekurangan gizi, membuat sel-sel otak “memakan” dirinya sendiri. Pada saat yang sama, rasa lapar hanya akan menambah buruk kondisi sel otak. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sel-sel otak tidak menerima nutrisi yang cukup.
Biasanya kaum wanita mengikuti program diet rendah karbohidrat (tinggi protein). Seperti yang kita ketahui Karbohidrat adalah energy utama dalam tubuh kita selain Protein dan Lemak. Karbohidrat juga mempunyai empat fungsi penting yang berhubungan dengan metabolisme tubuh dan perfoma latihan, yaitu:
1. Sumber energy utama
2. Asupan karbohidrat yang cukup akan membantu protein mempertahankan sel-sel protein
3. Membantu pembakaran lemak
4. Bahan bakar untuk system saraf pusat
Mengurangi asupan karbohidrat dan menambah protein dengan harapan akan membantu tubuh membakar lemak lebih. Tetapi apabila hal itu dilakukan terus menerus, maka pada saat proses katabolik, yang mana protein diubah menjadi glucose sebagai energy, protein akan diambil dari otot yang akan menyebabkan berkurangnya massa otot. Dan pada saat perubahaan protein menjadi glucose itu menghasilkan sisa buangan berupa nitrogen yang harus dibuang melalui urine dan keringat. Nitrogen yang dibuang melalui urine ini jelas akan membebani ginjal. Jadi semakin rendah asupan karbohidrat, semakin tinggi intensitas latihan dan semakin banyak protein yang dikonsumsi, dalam waktu yang lama, akan merugikan ginjal kita. Banyak minum air yang diharapkan akan melancarkan proses ginjal, juga akan membebani ginjal apabila diet seperti ini diteruskan karena sisa buangan tersebut tetap harus melewati ginjal kita.
Selain itu ada 5 jenis diet yang harus dihindari kaum wanita karena sangat membahayakan kesehatan tubuhnya, yaitu :
1.      Jenis diet pola pemilihan menu makan yang sangat selektif
Memang dalam kehidupan sehari-hari kita sering menemukan jenis makanan yang dapat meningkatkan berat badan (tapi jika kita memakannya berlebihan!). Tubuh manusia membutuhkan beraneka-ragam jenis makanan untuk mendapatkan beraneka-ragam jenis zat gizi yang terkandung dalam variasi jenis makanan tersebut. Jadi walaupun ada jenis makanan tertentu yang dapat menaikkan berat badan, dan kemudian kita menghindari secara total untuk memakannya dalam rentang waktu tertentu, maka tubuh tidak mendapatkan zat gizi (dalam jumlah yang tidak terlalu besar biasanya) yang terkandung dalam makanan yang dihindari tersebut.
2.  Jenis diet detoks
Mungkin sebagian dari kita pernah mendengar tentang jenis diet ini, terutama bagi kalangan yang menginginkan diet dengan cara instant. Diet detoks adalah diet dimana dengan cara organ dalam tubuh kita, terutama dari jenis zat makanan yang membuat tubuh menjadi gemuk. Diet ini dipercaya oleh para ahli hanya mampu membuat tubuh langsing untuk waktu yang tidak lama atau sementara. Karena pada dasarnya tubuh telah dilengkapi sistem yang dapat membersihkan tubuh sendiri, terutama dari racun yang tidak diinginkan oleh tubuh sehingga kita tidak memerlukan usaha extra untuk membersihkannya.
3.  Jenis diet dengan racikan obat atau makanan tertentu
Karena kita ingin segera memiliki tubuh yang langsing, maka akal sehat kita secara medis terabaikan. Sehingga tak jarang ada beberapa orang yang percaya dengan mengkonsumsi ramuan obat tertentu maka dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Sehingga jika kita mendapatatkan tawaran bahwa dengan mengkonsumsi ramuan tertentu dalam jangka waktu tertentu untuk menurunkan berat badan (biasanyan untuk menarik pembeli, biasanya kita tanpa perlu memperhatikan pola makan!) maka pelajari lebih lanjut hal tersebut. Jangan sampai kita membahayakan kesehatan kita hanya karena ingin langsing dengan menggunakan cara-cara instant yang belum terbukti kebenarannya secara medis.
4.      Jenis diet dengan puasa
saat melakukan puasa berat badan biasanya turun, namun hal ini biasanya lebih dikarenakan  turunnya kandungan cairan, otot dan sedikit lemak (biasanya bersifat sementara). Dan apabila setelah sesaat selesai melakukan puasa, berat badan kita naik, maka hal itu mengindikasikan bertambahnya lemak dalam tubuh sebenarnya. Jadi dengan melakukan puasa sebenarnya kita mendekati pola makan yang kemungkinan 2 kali lipat besarnya untuk dapat menaikkan berat badan jika dibandingkan jika kita menggunakan pola makan biasa.
5.  Jenis diet yang salah kaprah dengan ilmu kesehatan yang semestinya
Jenis diet disini sebenarnya dapat diartikan sebagai diet yang menyalahi aturan kesehatan yang seharusnya dilakukan dengan baik, tapi malah dihindari. Diet jenis ini biasanya lebih lekat dengan mitos masyarakat tentang bagaimana caranya menurunkan berat badan dengan exstrim. Diet seperti ini sangat-sangat membahayakan kesehatan fisik tubuh kita. Sebagai contoh, mungkin kita pernah mendengar dengan melakukan diet dengan tidak minum air putih dalam beberapa hari atau sebaliknya dengan meminum air berlebihan dalam jangka waktu tertentu.
Saya mempunyai pengalaman diet, pengalaman itu di alami oleh adik saya sendiri. Beliau mengikuti progran diet puasa, dia puasa senin kamis dan setiap malam dia tidak pernah makan nasi dan akhirnya keesokan harinya dia sakit dan masuk rumah sakit selama 5 hari. Niat nya ingin lagsing dan kurus tapi malah jadi penyakit.
Sebenarnya diet yang dianjurkan sangatlah sederhana yaitu dengan hanya memperhatikan pola makan kita sehari-hari dengan benar. Atau jika tidak mau repot ya, mungkin cukup melakukan diet dengan makan secukupnya.
Seharusnya kita sebagai wanita bersyukur atas anugrah yang di berikan oleh Allah swt, banyak wanita yang memiliki tubuh jauh lebih dari kita. Mereka tidak malu, bahkan mereka dapat bersyukur. Kalau mereka saja bisa kenapa kita tidak.
Mulailah dari sekarang untuk mencintai dan menyayangi tubuh kita sendiri.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar