Selasa, 10 Januari 2012

SARIAWAN

SARIAWAN
(Penyakit Mulut yang Sering Terjadi)

Terkadang kita tidak pernah memikirkan dengan keadaan mulut kita sendiri, sikat gigi belum tentu mencegah penyakit mulut. Disini ada beberapa penyakit mulut diantaranya :

1. Radang Mulut
warna lidah menjadi pucat dan ada bercak kuning keputihan yang bisa dikeruk dengan mudah. bercak tersebut akan menyebabkan rasa perih apabila terkena makanan atau sikat gigi. Radang mulut ini disebabkan oleh infeksi jamur.
2. Glossitis
lidah terasa sakit karena ada rekahan. keadaan ini terjadi karena jaringan pelindung dipermukaan lidah tidak terbentuk dengan sempurna.
3. Bau Mulut
penyakit mulut yang sering dijumpai adalah bau mulut yang sangat menyengat. biasanya disebabkan oleh :
  • gigi dan gusi yang kurang bersih
  • sariawan, infeksi, atau luka dimulut lainnya yang dapat menyebabkan bau busuk
  • mengkonsumsi bawang merah bawang putih
  • gigi palsu yang tidak terawat 
v     Penyakit mulut yang hampir semua orang pernah rasakan yaitu Sariawan.
menurut wikipedia Seriawan (disebut pula sariawan) atau stomatitis aphtosa adalah suatu kelainapada selaput lendir mulut berupa luka pada mulut yang berbentuk bercak berwarna putih kekuningan dengan permukaan agak cekung. Munculnya Seriawan ini disertai rasa sakit yang tinggi.
v     Pada umumnya sariawan terjadi karena kekurangan vitamin c pada tubuh,
sehingga menyebabkan sariawan. sariawan dapat membuat si penderita untuk susah makan, minum dan berbicara. Selain itu sariawan akan mengakibatkan rasa sakit dan perih pada tempat adanya penyakit tersebut, bisa di mulut dan bisa juga di lidah.
sariawan lebih sering terjadi pada orang yang kurang vitamin B. Vitamin C, zat besi dan asam folat juga berperan dalam mencegah dan penyembuhan sariawan.
v     Ada beberapa faktor penyebab yang diduga menjadi penyebab munculnya
seriawan, seperti luka tergigit, mengonsumsi makanan atau minuman panas, alergi, kekurangan vitamin C dan zat besi, kelainan pencernaan, kebersihan mulut tidak terjaga, faktor psikologi, dan kondisi tubuh yang tidak fit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar