Kamis, 14 Oktober 2010

TUGAS KEWIRAUSAHAAN


Nama     : Fina Mardiah Haq
Npm       : 31209292
Kelas     : 2DD04
Dosen    : Joko Utomo
Tugas Kewirausahaan


1). Jelaskan peranan kewirausahaan bagi pembangunan ekonomi suatu negara! Jelaskan   pula bagaimana peranan kewirausahaan bagi pembangunan di Indonesia!

Jawab :  
Menurut salah satu definisi, wirausaha adalah seseorang yang selalu mencari peluang-peluang baru dan mewujudkan peluang-peluang itu menjadi usaha yang bermanfaat bagi masyarakat dan dirinya.
Peranan kewirausahaan dalam pembangunan ekonomi suatu negara sangatlah penting karena dapat membantu perekonomian di negara tersebut. Semakin banyak wirausaha dinegara tersebut semakin tinggi tingkat ekonomi dinegara tersebut. Seperti yang kita ketahui negara singapura  adalah negara yang perekonomiannya sangat maju, disana banyak wirausahaan yang membangun bisnisnya sehingga inkam yang diperoleh singapura pun menigkat dan dapat memajukan perekonomian dinegaranya.
Tapi berbeda dengan di Indonesia masyarakat di Indonesia lebih suka bekerja di perusahaan-perusahaan. Padahal pengahasilan yang didapat dari berwirausaha lebih besar dibandingkan dengan bekerja diperusahaan-perusahaan tersebut. Jika masyarakat mau menjadi wirausahawan maka sama saja mereka membantu perekonomian di Indonesia dan membantu pemerintah dalam mengatasi pengangguran. Karena dengan berwirausaha maka lapangan pekerjaan pun menjadi lebih luas dan pengangguran di Indonesia menjadi berkurang. Selain itu inkam atau pemasukan yang diperoleh Indonesia pun semakin bnyak sehingga Indonesia bisa menjadi negara maju, tidak seperti sekarang ini.



Seseorang yang ingin menjadi wirausaha harus mempunyai sikap seperti dibawah ini :
1.      Bersifat visioner, dapat melihat jauh kedepan. Dengan mempelajari lingkungan dan perubahan-perubahannya sehingga dapat menemukan peluang-peluang baru.
2.     Kreatif dan Inovatif, yaitu kemampuan untuk menemukan cara baru baik dalam memproduksi, memasarkan produk, dengan selalu mengajukan pertanyaan apakah dapat dirubah prosesnya, bentuknya, penampilannya, ukurannya. Sifat kreatif dan inovatif selalu mencari kemungkinan-kemungkinan baru yang lebih baik, lebih bermanfaat. Sehingga dengan sifat kreatif dan inovatif dapat menemukan peluang-peluang baru yang lebih bermanfaat.
3.     Berorientasi kepada kepuasan konsumen. Seorang wirausaha selalu memperhatikan kepuasan konsumen sehingga karena sikapnya konsumen menjadi pelanggan tetap. Keunggulan produk dalam memenuhi kepuasan pelanggan menjadi perhatian utama. Semboyannya : Ikatlah para pelanggan dengan produk yang memuaskan konsumen yaitu cita rasa, penampilan, dan kinerjanya.
4.     Berorientasi kepada laba dan pertumbuhan. Laba merupakan sarana untuk meningkatkan kesejahteraan karyawan, pemilik perusahaan, untuk perluasan usaha. Dimata seorang wirausaha laba dianggap sebagai hasil dari kreativitas dan inovasi. Perusahaan yang dikelola berdasarkan kewirausahaan memiliki rencana pertumbuhan yaitu dengan memanfaatkan laba dan sumber-sumber yang berasal dari luar.
5.     Berani menanggung risiko, seorang wirausaha akan mengelola risiko dengan penuh perhitungan. Risiko yang terlalu besar akan dihindari hanya risiko yang telah diperhitungkan yang akan dijalani.
6.     Berjiwa kompetisi. Seorang wirausaha menganggap persaingan sebagai suatu hal yang normal dan akan berusaha untuk memenangkan persaingan dengan menghasilkan produk yang terbaik dengan biaya yang efisien.
7.     Cepat tanggap dan gerak cepat. Dalam pandangan seorang wirausaha yang pasti adalah ketidakpastian dan yang tetap adalah perubahan. Perubahan atau ketidakpastian itu harus disikapi dengan sikap yang responsif, cepat tanggap, cepat membuat keputusan yang tepat.
8.        Berwirausaha sebagai bagian dari pengabdian. Kepuasan seorang wirausaha  apabila usahanya menciptakan lapangan kerja, penghasilan baru, menerapkan  inovasi sehingga produk/jasa yang dihasilkan memuaskan pelanggan.
Sikap seperti itulah yang harus di miliki oleh wirausahawan, jika ingin menjadi wirausahawan jangan pernah takut untuk gagal, jalani saja apa yang sudah dibuat. Seperti yang dikatakan oleh bapak Joko Utomo seorang wirausahawan jangan pernah berfikir ”Nanti Bagaimana?” tetapi berfikirlah ”Bagaimana Nanti?"

2). Uraikan jenis usaha yang akan anda jalankan ! uraikan juga alasan mengapa anda memilih jenis usaha tersebut.

Jawab :
            Usaha yang akan saya jalankan adalah membangun usaha rumah makan ala sunda atau Saung Sunda. Awalnya ayah saya sering bercerita tentang masa kecilnya di Bandung khususnya mengenai makanannya, ayah saya berkata suasana di Bandung sangat nyaman apalagi makan di saung di tengah-tengah kolam ikan dengan pemandangan sawah yang hijau dan indah membuat selera makan menjadi lebih. Maka dari itu saya berniat untuk membuka usaha rumah makan ala sunda agar  masyarakat yang ada di wilayah Jakarta tidak perlu repot-repot datang ke Bandung dan sekitarnya hanya untuk merasakan kenyamanan makan di saung. Karena rumah makan yang akan saya buat ini akan sama seperti di daerah Bandung, mulai dari makanan, lokasi tempatnya, suasananya, pelayanannya, dan segala macam yang ada di sana akan ada di rumah makan ala sunda ini. Jadi masyarakat yang rindu akan kampung halamannya akan terlepas kerinduannya dengan makan dirumah makan ala sunda atau Saung Sunda yang akan saya buat. Dengan kondisi disekitar Jakarta yang padat akan kemacetan ditambah aktivitas sehari-hari maka dari itu dengan makan di saung sunda ini semua aktivitas yang sangat melelahkan dan kemacetan di Jakarta  akan terhapus dengan suasana nyaman yang ada di saung ini. Dengan suasana dan kenyamanan di saung ini seakan-akan kita sedang berada di pedesaan jauh dari kondisi Kota Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar