Minggu, 06 November 2011

MENGAPA KITA HARUS MENGKONSUMSI IKAN ?

MENGAPA KITA HARUS MENGKONSUMSI IKAN ?

Siapa yang tidak mengenal ikan ? ikan adalah salah satu binatang yang hidupnya di air, baik air laut, air tawar, dll. Ikan pun mempunyai berbagai macam jenis,  manfaatnya pun sangat banyak.
Di antara kita pasti bertanya-tanya Kandungan apa saja yang terdapat pada ikan sehingga membawa banyak manfaat bagi tubuh kita ?  Ternyata ikan memiliki kandungan asam lemak omega-3 yang berperan dalam melindungi jantung. Ikan ini mampu menurunkan kolesterol dalam darah, memperbaiki fungsi dinding pembuluh darah, menurunkan tekanan darah,mencegah terjadinya penggumpalan darah, dan sangat diperlukan untuk pembentukan otak.
 Dibandingkan dengan ikan air tawar, ikan air laut jauh lebih banyak kandungan gizinya. Tingginya kandungan gizi pada ikan, terutama ikan air laut, sangat berguna bagi kesehatan. Selain untuk menjaga kesehatan tubuh, kandungan asam omega 3 pada ikan laut sangat berguna untuk menanggulangi sejumlah penyakit degeneratif, seperti jantung, penyumbatan pembuluh darah, kanker, dan hipertensi.

Kandungan gizi yang terdapat pada berbagai jenis ikan sebagai berikut :
Kandungan gizi per berat 100 gram sejumlah ikan laut diantaranya ikan bandeng mempunyai protein 20 gram, lemak 4,8 gram, dan zat bezi 2 gram.

Ikan gabus kering mempunyai kandungan protein 58 gram, lemak 4 gram, zat besi 1 gram. Ikan kembung mempunyai protein 22 gr, lemak 1 gr, dan zat bezi 1 gr.

Kerang mengandung protein 13,8 gr, lemak 3,8 gr, dan zat besi 1,1 gr.

Begitu juga dengan sejumlah ikan laut olahan, seperti ikan asin mempunyai kandungan protein 42 gr, lemak 1,5 gr, dan zat besi 2,5 gr. Sarden mengandung protein 21,1 gr, lemak 27 gr, dan zat besi 3,5 gr.

Ikan teri kering mengandung protein 33,4 gr, lemak 3 gr, dan zat besi 3,6 gr.
Info Dari Database Nilai Gizi Ikan
Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Biokteknologi
Bawal Hitam mengandung kadar air 76,4% kadar abu 1,39% kadar protein 21,02% kadar lemak 1,2%.

Lele Dumbo mengandung kadar air 79,45% kadar abu 1,65% kadar protein 17,80% kadar lemak 0,84%.
Ikan lele dumbo merupakan jenis ikan yang hidup di air tawar dengan tubuh memanjang dan kulit licin.

Gurami mengandung kadar air 72,96 – 75,48% kadar abu 095 - 1,03% kadar protein 18,71 - 20,67% kadar lemak 2,20 – 2,79%.
 Ikan gurame mempunyai bentuk sisik yang khas, badannya pipih agak panjang dan lebar

Sebaiknya ikan harus cepat dikonsumsi dalam kondisi segar karena daya tahan ikan relatif . Selain itu pengolahan yang kita lakukan saat memasak ikan untuk konsumsi keluarga. Kandungan asam lemak omega 3 ternyata mudah rusak dalam proses pemanasan atau penggorengan yang terlalu lama. Suhu tinggi di atas 80 derajat celsius juga dapat mengurangi banyak kandungan gizi ikan. Oleh karena itu agar kita memperoleh manfaat secara optimal dari gizi ikan, jangan memasak di atas suhu 80 derajat dan dalam waktu yang lama.

Sewaktu kita masih kecil orangtua kita sering memberikan kita minyak ikan, minyak ikan ini sangat besar gizinya walaupun bau amis yang tidak sukai oleh anak-anak, tetapi manfaat yang diperoleh dari minyak ikan ini sangat banyak yaitu sebagai berikut :
1. Minyak ikan mencegah serangan jantung.
2. Selain itu, minyak ikan dapat mengurangi resiko kematian dari serangan jantung mendadak.
3. Minyak ikan membantu mengurangi gejala lupus.
4. The Institute Paterson menemukan bahwa minyak ikan omega-3 mampu melindungi atau mencegah terkenanya kanker prostat.
5. Minyak ikan mengurangi pertumbuhan kanker payudara.
6. Minyak ikan dapat membantu meningkatkan kondisi tubuh dan menghindarkan dari sakit radang
7. Minyak ikan mencegah beberapa gejala kanker lanjutan.
8. Minyak ikan mampu menanggulangi asma.
9. Bristol Universitas peneliti menyatakan bahwa minyak ikan bagus untuk visual otak dan perkembangan anak-anak
10. Minyak ikan membantu sindrom kelelahan kronis.

Meskipun baunya amis, manfaat minyak ikan bagi kesehatan manusia sangat besar. Selain vitamin A dan D, asam lemak tidak jenuh ganda yang dikandungnya meningkatkan kecerdasan dan sistem kekebalan tubuh anak balita. Bagi orang dewasa, mengonsumsi lemak ikan juga dapat menangkal kanker, diabetes melitus, hipertensi, dan penyakit jantung koroner.
Dibandingkan lemak hewani lainnya, lemak ikan (lebih dikenal dengan istilah minyak ikan) sangat sedikit mengandung kolesterol.
Hal ini didasari suatu kenyataan bahwa minyak ikan (khususnya ikan laut) mengandung banyak asam lemak tidak jenuh ganda (polyunsaturated fatty acids/PUFA). Asam lemak tak jenuh ganda tersebut sangat bermanfaat bagi proses kecerdasan, penglihatan, dan sistem kekebalan tubuh. Selain itu, bermanfaat juga dalam menanggulangi masalah aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah) dan penyakit jantung koroner.
Lemak ikan terdiri dari unit-unit kecil yang disebut asam lemak. Asam lemak pada minyak ikan terdiri dari tiga tipe, yaitu:
1) asam lemak jenuh (tidak mempunyai ikatan rangkap), contohnya asam palmitat, asam miristat, dan asam stearat.
2) asam lemak tak jenuh tunggal (mempunyai satu ikatan rangkap), contohnya oleat.
3) asam lemak tak jenuh ganda (mempunyai lebih dari satu ikatan rangkap), contohnya linoleat, linolenat, arakidonat (AA), eikosapentaenoat (EPA), dan dokosaheksaenoat (DHA).

Sumber :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar